[REVIEW BUKU] Apakah Anda Orang Cerdas?



Judul       : Apakah Anda Orang Cerdas? 
Penulis : Syaikh Muhammad bin Faris Ats-Tsunyani
Penerjemah   : Agus Mulyo
Tahun Terbit : 2012
Tebal  :  253 halaman
Reviewer        : Sundari Mueeza

Awal melihat buku ini, saya sudah tertarik dengan sampulnya yang keren dan menarik. Saya juga tertarik dengan judulnya yang seperti membuat kita jadi bertanya-tanya pada diri sendiri. Apakah saya orang cerdas, atau tidak? Seperti apa sih orang cerdas menurut versi si penulis?

Jadi, walaupun buku ini memilih memakai judul yang mengisyaratkan tanda-tanda kecerdasan pada diri seseorang yang pastinya bisa jadi  membuat kita merasa ketika 21 tanda kecerdasan yang diterangkan oleh buku ini tidak ada di diri kita, lantas kita bukanlah termasuk orang yang cerdas. Ternyata sama sekali tidak.

Buku ini lebih menyadarkan dan mengajarkan bahwa seharusnya setiap orang bisa menjadi cerdas menurut versinya. Setiap orang itu cerdas. Hanya saja kita sendiri yang membuatnya tidak bisa.

Buku ini juga menyuguhkan  banyak contoh dari berbagai jenis sejarah islam dann pengalaman orang-orang hebat juga sukses. Meskipun contoh-contoh di dalam buku ini sebagian diambil dari sejarah islam, masih banyak contoh-contoh umum yang diambil dari luar sejarah islam, juga pengalaman orang sukses dan tokoh-tokoh penemu seperti Thomas Alva Edison, Mikimoto Kokichi, Einstein dan lainnya.

Kita akan dibawa ke cerita-cerita menarik yang bisa diambil inti sari dan bisa memotivasi kita untuk segera  berubah lebih baik.

Kelebihan buku : Buku ini sangat rekomendasi banget untuk kamu yang sedang membutuhkan nutrisi  membangkitkan lagi sikap optimis dalam hidup. Juga bagi yang ingin mengubah mindset pola hidup orang cerdas. Penulis berhasil meyakinkan dan membuat kita merasa percaya diri bahwa ternyata semua orang bisa dikatakan cerdas, termasuk diri kita sendiri. Saya rasa 21 tanda kecerdasan yang dipaparkannya menjadi 21 bab dalam buku ini memang benar adanya. Dan kamu wajib tahu itu.

Kekurangan buku : Mungkin sampulnya bisa jadi membuat kita berpikir isinya cukup ringan dan umum. Namun ternyata masih ada paragraf-paragraf yang saya rasa butuh konsentrasi untuk benar-benar memahami isinya. Setidaknya bagi saya begitu. Harus mengulang beberapa kalimat untuk akhirnya bisa mencernanya sejelas mungkin di pikiran. Tapi bukan semuanya sulit dipahami kok. Untuk keseluruhan saya sangat paham apa yang dimaksud buku ini. Kekurangan lain menurut saya, terlalu banyak contoh cerita yang cukup membuat saya bingung sendiri. Karena pribadi, 3 atau maksimal 5 contoh sudah lebih dari cukup membuat mengerti maksud dari masing-masing bab. Dengan catatan, tidak memungkiri kalian malah lebih suka banyak disertakan contoh-contoh ya. Dan satu lagi, mungkin jika buku ini disertai dengan sumber cerita atau daftar pustaka yang jelas dan valid, akan lebih meyakinkan membaca akan isi dari buku ini. Sayangnya tidak ada.

Walaupun begitu untuk keseluruhan, saya sangat suka dan tidak menyesal membeli dan membaca buku ini sampai tuntas. Ada banyak hal yang alhamdulillah akhirnya bisa berlahan mengubah mindset saya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Author by Sundari Mueeza

Komentar

Postingan Populer